Dalam hidup itu banyak sekali yang berubah. Teman-teman berubah, ekonomi berubah, usia berubah, berat badan berubah, muka berubah, tapi status jomblo gak berubah-berubah. *curhat. Perubahan yang sangat terasa adalah peralihan dari masa SMA ke masa kuliah. Ini adalah saat pertama kalinya aku dilepas jauh dari keluarga. Harus cari makan sendiri, nyuci sendiri, masak sendiri, ampe ngomong sendiri sama kucing kosan. Peribahasa kerennya "Bagai ayam kehilangan induk". Aku yang lahir dan besar di salah satu desa terpencil di kaki gunung di Jawa Tengah harus berhijrah ke Jawa Barat naik onta.. Really? Ya enggaklah. Sekarang udah zamannya pesawat terbang. Jarak jauh pun bisa ditempuh dengan cepat. Tapi berhubung gak ada bandara, ya apa boleh buat, aku naik mobil aja. Sebenernya emang gak mau naik pesawat sih. Jangankan naik pesawat, naik bianglala di pasar malem aja nangis minta turun. Ini kalimat yang masih kuingat sampai sekarang :

"Bilangin ke tukang bianglala.... Turunin aku!! Turunin!! Turunin aku sekarang!!" teriak sambil nangis.

Entah terlalu takut ketinggian, parno, atau katrok. Tulang kakiku emang berasa di presto kalo di ketinggian. Padahal dulu belum kenal tuh film-film sejenis final destination, tapi aku udah separno itu ngebayangin jatuh dari bianglala sama keranjangnya. Terus mati di tengah alun-alun ditonton banyak orang terus untuk pertama kali dan terakhir kalinya masuk koran.

Balik ke masalah perbedaan, hal yang berbeda disini adalah BAHASA. Bahasa sunda dan jawa memang berbeda. Untung aja ada bahasa pemersatu yaitu bahasa Indonesia. Namun ada sedikit masalah disini. Simpel tapi fatal. Hampir semua anak muda di tempat kuliahku menggunakan kata "GUE". Yap itu biasa bagi orang pada umumnya, tapi enggak buatku. Aku lebih memilih menggunakan "AKU" bukan untuk sok manis atau sok alim, tapi karena mudah diucapkan Kenapa aku enggak memilih menggunakan kata "GUE"? Masalahnya simpel. Kata "GUE" kalo diucapin olehku berubah jadi "GHUE". Logat jawa medhokku tercampur dengan ngapak membuat kata "GHUE" jadi tidak terdengar indah. Ya maklumlah kebiasaan ngomong "ENYONG". Hhhahahaa. Tapi ada yang beda kalo temanku ngobrol sama aku. Terutama yang cowok.

(Kalo ngomong sama yang lain)
A : "Gue gak bisa ngerjain, lu yang ngerjain yak."

(Kalo ngomong sama aku)
A : "Saya tidak bisa mengerjakan ini, bisa minta tolong kamu yang mengerjakan?"

Yap tiba-tiba mereka mendadak sopan kayak ngomong sama dosen.. -_-

Biar keren, aku ngelanjutin nulis pake "Gue". Cuma nulis ini gak diucapin, jadi gak akan merusak telinga anda-anda sekalian.

Oke lanjut!!! Perbedaan yang kedua adalah SUHU UDARA. Daerah asal gue itu pegunungan jadi suhu udaranya dingin. Gue pikir tempat kuliah gue juga dingin soalnya kata orang-orang, Bogor itu dingin. Kalo liat di TV, sering dibicarakan sejuknya Puncak, Bogor. Gue akhirnya membawa semua jaket koleksi gue dengan penuh perjuangan ke Bogor. Tapi ternyata gue SALAH. Puncak emang dingin, tapi enggak dengan kampus gue. Oh God!!! panas banget. Ya panas menurut gue. Ibaratnya udah dandan cantik-cantik eh pas keluar langsung luntur kena keringet. Kalo di kelas, temen-temen gue pada kedinginan sedangkan gue malah lagi kipasan gara-gara kepanasan. Bahkan menurut gue, AC gak lebih dingin dari suhu di rumah gue. Disini gue selalu rajin mandi 2 kali sehari kayak cewek-cewek normal lainnya, sedangkan kalo di rumah, gue bahkan lupa kapan terakhir kali gue mandi. Lagipula gue hidup di bawah didikan keluarga yang sedikit enggak normal. Ini perbedaan bokap orang lain dan bokap gue :

Bokap temen : "Anak-anak mandi sana udah sore!"

Bokap gue : "Anak-anak jangan mandi ntar masuk angin, ayah aja udah seminggu gak mandi gak papa."

Setidaknya bokap gue menerapkan prinsip ''Berani kotor itu baik" kayak di iklan-iklan.

Perbedaan yang ketiga, yaitu KERAMAIAN. Lingkungan rumah gue sangat sepi, pokoknya abis maghrib orang-orang udah menghilang dari jalanan. Tinggal suara-suara hewan aja yang kedengeran. Bintang-bintang pun jadi terlihat jelas karena jarang lampu. Dan gue jadi inget cerita bokap gue tentang masa kecil gue dulu. Dulu gue telat ngomong, pokoknya gak seperti anak-anak lain, gue gak bisa ngomong. Tapi ketika bokap gue ngajak gue ke Jakarta, itu pertama kalinya gue bisa ngomong. Tebak apa kata pertama yang gue ucapin? Bukan mama atau papa tapi LAMPU. Yap itu awal mula gue bisa ngomong karena ke-katrok-an gue pas ngeliat bersinarnya ibu kota.

Lanjut ke perbedaan keempat, yaitu MALL. Gue tinggal di tempat yang benar-benar terpencil dimana enggak ada satupun mall di tempat tinggal gue. Alhasil gue jadi sering jalan-jalan ke tempat satu ini walau kadang cuma makan doang. Daripada pergi ke villa dan melihat pemandangan yang biasa gue lihat di rumah, gue lebih milih ke mall. Pernah suatu ketika, gue sama bayangan gue jalan-jalan ke suatu mall yang ada disini.  Gue dengan tampang sok manis berjalan melihat-lihat pakaian.

(Cowok keren menatap gue sambil mesam-mesem)
Gue : "Kayaknya tu cowok suka ama gue" pikir gue dalam hati.

(Cowok lainnya menatap gue lama ampe nabrak etalase)
Gue : "Ya ampun, ngeliatain gue aja ampe segitunya" pikir gue dalam hati lagi.

(Gerombolan cowok ketawa ngeliat gue)
Gue : "Oke ini mulai gak beres" mikir dalam hati lagi.

(Tiba-tiba gerombolan cewek ngakak ngeliat gue)
Gue : "Bener-bener gak beres" mulai gugup

(SPG nyamperin gue)
SPG : "Mbak itu." sambil nunjuk ke tas gue.

Gue : "Anjiiir.... Ada BRA super gede nyangkut di tas gue!!!!!"

Gue dengan harga diri yang jatuh langsung meringis terus pasang tampang sok cool dan langsung melenyapkan diri dari TKP. 

Comments (2)

On 25 Agustus 2013 pukul 11.55 , Anonim mengatakan...

hebat..........

 
On 26 Agustus 2013 pukul 08.53 , Grape Fruits mengatakan...

:D