Beberapa orang pasti memiliki bekas luka, baik disebabkan oleh jerawat, cacar, terjatuh, terkena knalpot, maupun lainnya. Bekas luka tersebut terkadang sangat sulit hilang bahkan sampai menahun. Bagi sebagian orang, mungkin akan sangat mengganggu penampilan, terutama bagi kaum hawa. Berikut ini adalah beberapa cara herbal untuk menghilangkan bekas luka.
1.       Mentimun
Buah mentimun dihaluskan kemudian dioleskan ke bagian kulit yang terdapat luka. Diamkan semalaman lalu bersihkan di pagi hari. Lakukan secara rutin agar bekas luka memudar.
2.       Madu
Oleskan madu murni ke bagian kulit yang terdapat bekas luka. Biarkan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan beberapa kali sehari.
 3.     Teh Hijau
Seduh teh hijau. Basahi kapas dengan air seduhan teh hijau. Kemudian usapkan pada bagian kulit yang terdapat bekas luka. Lakukan secara rutin.
4.       Daun Mint
Ambil beberapa daun mint. Tumbuk daun mint sampai halus, lalu letakkan di atas kulit yang terdapat bekas luka. Tunggu beberapa menit. Bersihkan dengan air.
5.       Lidah Buaya
Oleskan lendir lidah buaya ke kulit yang terdapat bekas luka. Hati-hati dengan getah lidah buaya karena dapat menyebabkan gatal.
6.       Bawang Putih
Potong kecil-kecil atau parut bawang putih. Letakkan di area kulit yang keloid. Biarkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat.
7.       Minyak Zaitun
Oleskan sambil pijat bagian kulit yang terdapat bekas luka dengan minyak zaitun. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.
8.       Jeruk Nipis
Oleskan sari lemon ke bagian kulit yang terdapat bekas luka. Diamkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan air. Jangan terlalu lama mendiamkan jeruk nipis karena akan menyebabkan iritasi.

Referensi : www.deherba.com
 


Comments (0)